- Home »
- Membuat Meja dan Kursi
Unknown
On Minggu, 22 Mei 2016
di materi pertama ini kita belajar membuat Kursi dan Meja di animasi 3D (Blender)
langsung saja ini caranya....
Buka aplikasi blender seperti biasa.
Setelah masuk ke aplikasi , maka tampilannya akan seperti ini.
Pada pertemuan kali ini kita akan membuat OBJEK kursi dan meja. Bentuk awal untuk
membuatnya yaitu berbentuk kubus.
Dari kubus itu kita akan bentuk menjadi bentuk meja.
Dari kubus itu kita akan bentuk menjadi bentuk meja.
Pertama-tama , kita bentuk kubus tersebut menjadi bentuk
atas/permukaan mejanya. Yaitu dengan menggunakan shortcut tombol
S untuk memperbesar dan memperkecil ukuran
S+Z untuk memipihkan dan mempertebal
S+ X untuk melebarkan dan mengecilkan berdasarkan sumbu X
S+ Y untuk melebarkan dan memperkecil berdassarkan sumbu Y
Tahap selanjutnya
yaitu membuat kaki meja sebagai penyangganya. Pertama masuk ke edit mode ,
pilih di menu pada bagian bawa, lalu klik edit mode.
*Edit mode ini adalah mode yang digunakan untuk proses
pengeditan dari bentuk-bentuk yang ada.
Setelah masuk ke edit mode, kita akan membuat bagian-bagian
dari permukaan meja tadi. caranya dengan menggunakan shortcut CTRL + R .
Kemudian atur bagian-bagian yang yang akan dibagi.
*untuk mengatur banyaknya bagian , gunakan sroll keatas dan
bawah pada mouse
Kemudian membuat bagian di sisi
sebaliknya ,dengan cara yang sama.maka jadilah seperti gambar berikut:
Setelah bagian-bagian sudah terbentuk , kita tag bagian-
bagian yang akan digunakan sebagai kaki meja.
Pertama kita ubah viewnya pada bagian bawah permukaan meja,
caranya dengan mengklik tombol scroll pada mouse dan menahannya lalu
menggerakknya.
Setelah itu pada bagian bawah program , pilih face select . Face select ini digunakan untuk
menyeleksi atau mentag bagian-bagian permukaan.
Kemudian tag bagian bagian yang akan dijadikan kaku meja,
dalam hal ini saya menggunakan ujung-ujung permukaan. untuk melakukan tag
gunakan tombol shift+ klik kanan.
Terakhir , tekan tombol E untuk memanjangkan bagian-bagian
tadi, arahkan mouse kebawah dan aturlah panjang kaki meja yang kita inginkan.
Jika sudah sesuai , klik kanan pada mouse. Maka jadilah seperti ini
Untuk melihat objek meja yang sudah kita buat , ubah mode
menjadi object mode.
Setelah kubus dibuat
, kita bentuk bagian permukaan bangku persegi dengan mengatur lebar, pipih,
tebal menggunakan shotrcurt yang ditas
sudah dijelaskan. Sehingga berbentuk seperti ini.
Setelah itu kita bagi objek tersebut menjadi beberapa bagian
dengan masuk ke edit mode, lalu tekan
CTRL + R. Maka jadilah seperti berikut
Berikutnya kita tag bagian-bagian yang akan ditonjolkan
untuk dijadikan kaki dan sandaran kursi dengan menggunaka face select. Jika
sudah ditandai , tekan tombol E untuk menonjolkan bagian dan klik kanan pada
mouse jika sudah sesuai. Maka jadilahkursi yang kita inginkan.
Untuk menambah jumlah kursi
dengan bentuk yang sama , cukup duplikat obek tersebut. Dengan cara
masuk ke objek mode , lalu pada menu tools di samping kana program pilih
duplicate.
Gunakan tombol G untuk memindahkan objek dengan mudah.
Gunakan tombol R untuk merotasi bangku.
Maka jadilah objek meja dan kursi !!!
OUTPUT
sumber : http://www.mfajarsidiq.com/2014/11/cara-membuat-objek-meja-dan-kursi-di.html