- Home »
- Pengenalan Tools pada 3D BLENDER
Unknown
On Minggu, 22 Mei 2016
TOOLS pada BLENDER
Pada tugas
sofskill kali ini saya diminta menjelaskan tentang TOOLS yang saya gunakan
untuk projek 3D yang nantinya akan saya presentasikan. Saya menggunakan TOOLS BLENDER dalam mengerjakan 3D objek yang
akan saya presentasikan.
Blender
merupakan suatu softwere gratis yang Berebasis Opensource dan bisa digunakan
untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi.
Blender juga merupakan opensource 3D yang paling populer di dunia. Blender
merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, dengan mempunyai kelebihan sendiri
dibandingkan program modeling 3D lainnya.
Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat
membuat game tanpa menggunakan program. Untuk pembuatan
program Blender menggunakan bahasa pemrograman Python hal ini justru
memepermudah pengguna karena bahasa python lebih gampang daripada c++ atau c.
Berikut ini
tampilan Blender
Disebelah atas
ada menu menu yang penting yaitu FILE,ADD,RENDER,WINDOW dan HELP. Sedangkan untuk
memberikan texture dan memberikan efek lainnya pada blender bisa dilihat dari
platform sebelah kanan.
Berikut ini
akan saya jelaskan beberapa tools yang digunakan untuk membuat objek 3D.
Ketika kita membuka Blender pertama kali maka akan muncul sebuah editor
dimana editor tersebut terdapat 3 gambar yaitu:
Untuk orang
yang baru menggunakan Blender pasti bingung objek apa itu dan apa kegunaannya.
Saya akan menjelaskan kegunaan dari ketiga objek tersebut
1. Camera berfungsi untuk menapilkan objek dalam bentuk
3D atau memview gambar yang kita buat. Inilah merupakan Camera Modelling pada
Blender.
2. Cube
, sebenarnya ini salah satu contoh bangunan objek 3D yang sudah disediakan.
3. Point
Lamp digunakan untuk efek pencahayaan pada 3D object.
Untuk
melihat objek serta type objek yang lainnya kita bisa gunakan shortcut shift+A
atau klik Add pada menu maka akan muncul gambar berikut:
Kita bisa
liat diatas ada beberapa tipe objek yang sering digunakan untuk membuat objek
3D.
● Mesh
Mesh adalah objek terdiri dari Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices (simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.
Mesh adalah objek terdiri dari Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices (simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.
● Curve
Curve / Kurva adalah Object Matematis yang dapat memanipulasi vertices dengan control handles atau control points.
● Surface
Surfaces / permukaan patch empat sisi yang termanipulasi dengan control points. Ini berguna untuk bentuk yang organik dan melingkar tetapi sederhana.
● Metaball
Metaball adalah object
yang membentuk formasi berdasarkan volume 3D.
● Text
Pasti temen – temen semua sudah tau dari
namanya. Text atau teks berfungsi menambahkan tulisan 2D
dan masih ada beberapa lainnya yang akan membantu dalam mengerjakan objek 3D yang kita buat.
Fitur-Fitur pada Blender :
• Modeling, untuk membuat objek 3D
• UV Mapping, Memindahkan objek berdasarkan vertexnya
• Texturing, Memberikan texture pada objek
• Rigging, untuk membuatan tulang/bone pada objek
• Skinning, pemberian skin pada objek/model
• Annimation, pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line
• Particle, pembuatan particle pada objek/model
>>> Berikut ini merupakan contoh sederhana penggunaan Blender dengan menerapkan Camera Modelling.
1. Pembuatan objek dan penglihatan camera
• Modeling, untuk membuat objek 3D
• UV Mapping, Memindahkan objek berdasarkan vertexnya
• Texturing, Memberikan texture pada objek
• Rigging, untuk membuatan tulang/bone pada objek
• Skinning, pemberian skin pada objek/model
• Annimation, pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line
• Particle, pembuatan particle pada objek/model
>>> Berikut ini merupakan contoh sederhana penggunaan Blender dengan menerapkan Camera Modelling.
1. Pembuatan objek dan penglihatan camera
gambar
diatas terlihat objek yaitu meja sederhana ketika mau membuat kta klik
Add lalu pilih Mesh baru pilih silinder. gambar diatas juga
memperlihatkan menu camera yang akan digunakan untuk membuat objek
menjadi terkesan 3D
2. letak camera sebagai monitoring untuk merenderring objek
2. letak camera sebagai monitoring untuk merenderring objek
gambar
diatas menunjukkan panah merah adalah gambar tools camera. Bisa
bergerak dengan mengeklik tombol warna hijau,biru atau merah.
3. hasil menampilkan objek dengan mengklik F12
sumber:
3. hasil menampilkan objek dengan mengklik F12
sumber: