مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi) 7. Hadits “Menuntut Ilmu”

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Membuat Meja dan Kursi

Minggu, 22 Mei 2016
Posted by Unknown
di materi pertama ini kita belajar membuat  Kursi dan Meja di animasi 3D (Blender)
langsung saja ini caranya....
 
Buka aplikasi blender seperti biasa.  
Setelah masuk ke aplikasi , maka tampilannya akan  seperti ini.
Pada pertemuan kali ini kita akan membuat  OBJEK kursi dan meja. Bentuk awal untuk membuatnya yaitu berbentuk kubus.
Dari kubus itu kita akan bentuk menjadi bentuk meja.
Pertama-tama , kita bentuk kubus tersebut menjadi bentuk atas/permukaan mejanya. Yaitu dengan menggunakan shortcut tombol

S untuk memperbesar dan memperkecil ukuran
S+Z untuk memipihkan dan mempertebal
S+ X untuk melebarkan dan mengecilkan  berdasarkan sumbu X
S+ Y untuk melebarkan dan memperkecil berdassarkan sumbu Y
Maka , jadilah bentuk seperti ini.



Tahap selanjutnya yaitu membuat kaki meja sebagai penyangganya. Pertama masuk ke edit mode , pilih di menu pada bagian bawa, lalu klik edit mode.
*Edit mode ini adalah mode yang digunakan untuk proses pengeditan dari bentuk-bentuk yang ada.
Setelah masuk ke edit mode, kita akan membuat bagian-bagian dari permukaan meja tadi. caranya dengan menggunakan shortcut CTRL + R . Kemudian atur bagian-bagian yang yang akan dibagi. 
*untuk mengatur banyaknya bagian , gunakan sroll keatas dan bawah pada mouse
  Klik crtl+ R       dan  klik kiri pada mouse jika sudah sesuai

Kemudian membuat bagian di sisi sebaliknya ,dengan cara yang sama.maka jadilah seperti gambar berikut:
Setelah bagian-bagian sudah terbentuk , kita tag bagian- bagian yang akan digunakan sebagai kaki meja.
Pertama kita ubah viewnya pada bagian bawah permukaan meja, caranya dengan mengklik tombol scroll pada mouse dan menahannya lalu menggerakknya.
Setelah itu pada bagian bawah program , pilih face select . Face select ini digunakan untuk menyeleksi atau mentag bagian-bagian permukaan.
Kemudian tag bagian bagian yang akan dijadikan kaku meja, dalam hal ini saya menggunakan ujung-ujung permukaan. untuk melakukan tag gunakan tombol shift+ klik kanan.

Terakhir , tekan tombol E untuk memanjangkan bagian-bagian tadi, arahkan mouse kebawah dan aturlah panjang kaki meja yang kita inginkan. Jika sudah sesuai , klik kanan pada mouse. Maka jadilah seperti ini

Untuk melihat objek meja yang sudah kita buat , ubah mode menjadi object mode.
Selanjutnya adalah pembuatan object bangku/kursi. Pertama , kita buat objek baru dengan cara masuk ke object ,  pilih craeate di menu samping kiri program , lalu pilih cube untuk membuat objek kubus.

Setelah kubus dibuat , kita bentuk bagian permukaan bangku persegi dengan mengatur lebar, pipih, tebal  menggunakan shotrcurt yang ditas sudah dijelaskan. Sehingga berbentuk seperti ini.



Setelah itu kita bagi objek tersebut menjadi beberapa bagian dengan  masuk ke edit mode, lalu tekan CTRL  + R. Maka jadilah seperti berikut
Berikutnya kita tag bagian-bagian yang akan ditonjolkan untuk dijadikan kaki dan sandaran kursi dengan menggunaka face select. Jika sudah ditandai , tekan tombol E untuk menonjolkan bagian dan klik kanan pada mouse jika sudah sesuai. Maka jadilahkursi yang kita inginkan.

Untuk menambah jumlah kursi  dengan bentuk yang sama , cukup duplikat obek tersebut. Dengan cara masuk ke objek mode , lalu pada menu tools di samping kana program pilih duplicate.
Gunakan tombol G untuk memindahkan objek dengan mudah.
Gunakan tombol R untuk merotasi bangku.
Maka jadilah objek meja dan kursi !!!
OUTPUT

 
sumber :  http://www.mfajarsidiq.com/2014/11/cara-membuat-objek-meja-dan-kursi-di.html

Pengenalan Tools pada 3D BLENDER

Posted by Unknown

TOOLS pada BLENDER

Pada tugas sofskill kali ini saya diminta menjelaskan tentang TOOLS yang saya gunakan untuk projek 3D yang nantinya akan saya presentasikan. Saya menggunakan  TOOLS BLENDER dalam mengerjakan 3D objek yang akan saya presentasikan.
Blender merupakan suatu softwere gratis yang Berebasis Opensource dan bisa digunakan untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi. Blender juga merupakan opensource 3D yang paling populer di dunia. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, dengan mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.  Kelebihan yang  dimiliki  Blender  adalah  dapat  membuat  game  tanpa  menggunakan  program. Untuk pembuatan program Blender menggunakan bahasa pemrograman Python hal ini justru memepermudah pengguna karena bahasa python lebih gampang daripada c++ atau c.
Berikut ini tampilan Blender











 
 
 
Gambar diatas merupakan tampilan awal Blender terlihat cukup sederhana.
Disebelah atas ada menu menu yang penting yaitu FILE,ADD,RENDER,WINDOW dan HELP. Sedangkan untuk memberikan texture dan memberikan efek lainnya pada blender bisa dilihat dari platform sebelah kanan.
Berikut ini akan saya jelaskan beberapa tools yang digunakan untuk membuat objek 3D.
Ketika kita membuka Blender pertama kali maka akan muncul sebuah editor dimana editor tersebut terdapat 3 gambar yaitu:

Untuk orang yang baru menggunakan Blender pasti bingung objek apa itu dan apa kegunaannya. Saya akan menjelaskan kegunaan dari ketiga objek tersebut
1.   Camera  berfungsi untuk menapilkan objek dalam bentuk 3D atau memview gambar yang kita buat. Inilah merupakan Camera Modelling pada Blender.
2.   Cube , sebenarnya ini salah satu contoh bangunan objek 3D yang sudah disediakan.
3.   Point Lamp digunakan untuk efek pencahayaan pada 3D object.
Untuk melihat objek serta type objek yang lainnya kita bisa gunakan shortcut shift+A atau klik Add pada menu maka akan muncul gambar berikut:


Kita bisa liat diatas ada beberapa tipe objek yang sering digunakan untuk membuat objek 3D.

● Mesh

Mesh adalah objek terdiri dari  Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices (simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.


● Curve

Curve / Kurva adalah Object Matematis yang dapat memanipulasi vertices dengan control handles atau control points.

● Surface

Surfaces / permukaan patch empat sisi yang termanipulasi dengan control points. Ini berguna untuk bentuk yang organik dan melingkar tetapi sederhana.

● Metaball
Metaball adalah object yang membentuk formasi berdasarkan volume 3D.

● Text
Pasti temen – temen semua sudah tau dari namanya. Text atau teks berfungsi menambahkan tulisan 2D

 dan masih ada beberapa lainnya yang akan membantu dalam mengerjakan objek 3D yang kita buat.

Fitur-Fitur pada Blender :

• Modeling, untuk membuat objek 3D

• UV Mapping, Memindahkan objek berdasarkan vertexnya

• Texturing, Memberikan texture pada objek

• Rigging, untuk membuatan tulang/bone pada objek

• Skinning, pemberian skin pada objek/model

• Annimation, pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line

• Particle, pembuatan particle pada objek/model


>>> Berikut ini merupakan contoh sederhana penggunaan Blender dengan menerapkan Camera Modelling.


1. Pembuatan objek dan penglihatan camera


 
 
 
 
 
 
 
 
 
gambar diatas terlihat objek yaitu meja sederhana ketika mau membuat kta klik Add lalu pilih Mesh baru pilih silinder. gambar diatas juga memperlihatkan menu camera yang akan digunakan untuk membuat objek menjadi terkesan 3D


2. letak camera sebagai monitoring untuk merenderring objek





 
 
 
 
 
 
 
gambar diatas menunjukkan panah merah adalah gambar tools camera. Bisa bergerak dengan mengeklik tombol warna hijau,biru atau merah.

3. hasil menampilkan objek dengan mengklik F12















sumber: 

Sejarah, Pengertian dan Kegunaan dari Aplikasi Blender 3D

Posted by Unknown
Sejarah Blender
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.
Pengertian Blender beserta Kegunaannya
Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).

blender_layout
Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana
  • Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
  • Ram 64Mb
  • VGA 4Mb
  • Disk Space 35Mb
  • Windows 2000 dan lebih, Linux.
Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
  • Microsoft Windows
  • Mac OS X
  • Linux
  • IRIX
  • Solaris
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Fitur – Fitur Blender
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
  • Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
  • Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
  • Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
  • Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
  • UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
  • Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
  • Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
  • Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
  • Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
  • Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
  • Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
  • Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
  • Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah
Kelebihan Blender
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
  • Open Source
Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.
  • Multi Platform
Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
  • Update
Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
  • Free
Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
  • Lengkap
Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.
  • Ringan
Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
  • Komunitas Terbuka
Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute
Tampilan Awal pada Blender


1

sumber :  https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/